#under_header{ margin:10px 0; padding:1%; width:98%; }

Selasa, 13 Oktober 2009

KERANGKA KULIAH KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA-1

KERANGKA KULIAH KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA-1

I. KOMPOSISI DASAR
A. Dasar Kebahasaan
1. Pilihan Kata (Diksi)
2. Gaya Bahasa
3. Kalimat Efektif
4. Alinea
B. Organisasi Komposisi
1. Tema Karangan
2. Kerangka Karangan
3. Pengumpulan Data
KERANGKA KULIAH KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA-2
C. Komposisi Ilmiah Tertulis
1. Kutipan
2. Catatan Kaki
3. Bibliografi
4. Konvensi Naskah
5. Mekanisme
D. Komposisi Ilmiah Lisan
KERANGKA KULIAH KEMAHIRAN BERBAHASA INDONESIA-3
II. KOMPOSISI LANJUTAN
1. Ringkasan dan
Ikhtisar (Reprodusksi)
2. Laporan dan Usulan
III. RAGAM KOMPOSISI
(Bentuk-bentuk Wacana)
1. Eksposisi
2. Argumentasi
3. Deskripsi
4. Narasi

TUJUAN AKHIR ADALAH:
KEMAMPUAN BERBAHASA TERTULIS-LISAN SECARA ILMIAH

BAHASA: Alat komunikasi antara anggota masyarakat berupa simbol bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. PERTANYAAN: Bagaimana dengan alat komunikasi yang lain yang tidak berupa bahasa seperti lukisan, asap api, bunyi gendang, bunyi serunai, dan lain sebagainya?
ASPEK BAHASA: 2 BIDANG
1. BUNYI VOKAL :
Dihasilkan oleh alat ucap manusia
2. ARTI/MAKNA :
Hubungan antara rangkaian bunyi vokal dengan barang atau hal yang diwakilinya.
BUNYI ITU
Merupakan getaran yang merangsang alat pendengar kita (=yang dicerap oleh panca indera kita)
ARTI ITU ADALAH :
  • Isi yag terkandung di dalam arus bunyi yang menyebabkan reaksi atau tanggapan dari orang lain.
  • Arti bersifat arbiterer atau manasuka. Artinya, tidak terdapat suatu keharusan bahwa suatu rangkaian bunyi tertentu harus mengandung arti yang tertentu pula.
FUNGSI BAHASA-1
1. Alat untuk menyatakan ekspresi diri.
Bahasa menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam dada kita, sekurang-kurangnnya untuk memaklumkan keberadaan kita. Unsur-unsur yang mendorong ekspresi diri:
  • agar menarik perhatian orang lain terhadap kita.
  • keinginan untuk membebaskan diri kita dari semua tekanan emosi.

FUNGSI BAHASA-2
2. Alat komunikasi
Bahasa merupakan saluran perumusan maksud kita, melahirka perasaan kita dan memungkinkan kita menciptakan kerjasama dengan sesama warga. Ia mengatur berbagai macam aktivitas kemasyarakatan, merencanakan dan mengarahkan masa depan kita. Ia juga memungkinkan manusia menganalisa masa lampaunya untuk memetik hasil-hasil yang berguna bagi masa kini dan masa yang akan datang.

FUNGSI BAHASA-3
3. Alat mengadakan adaptasi dan integrasi sosial.
  • Melalui bahasa seseorang anggota masyarakat perlahan-lahan belajar mengenal segala adat istiadat, tingkah laku, dan tata-krama masyarakatnya. Ia mencoba menyesuaikan diri (adaptasi) dengan semuanya melalui bahasa.
  • Melalui bahasa, seorang pendatang baru dalam sebuah masyarakat harus pula melakukan hal yang sama. Bila ingin hidup tenteram bersama dengan masyarakat itu, ia harus menyesuaika diri; dan alat untuk itu adalah bahasa, yaitu bahasa masyarakat tersebut. Bila ia dapat meneyesuaikan diri, maka ia dengan mudah melakukan pembauran (integrasi) dengan segala tata-krama masyarakat tersebut.

FUNGSI BAHASA-4
4. Alat Mengadakan Kontrol Sosial
Yang dimaksud kontrol sosial adalah usaha untuk mempengaruhi tingkah laku dan tindak-tanduk orang lain, baik yang bersifat terbuka (overt: yang dapat diamati/diobservasi), maupun yang tertutup (covert: yang tidak dapat diobservasi).
Semua kegiatan sosial akan berjalan dengan baik karena dapat diatur dengan mempergunakan bahasa.
Dalam melakukan kontrol sosial,
bahasa itu mempunyai relasi dengan
proses-roses sosialisasi suatu masyarakat.
Proses-proses sosialisasi itu dapat
diwujudkan dengan cara-cara:
Memperoleh keahlian bicara, dan dalam masyarakat yang lebih maju, memperoleh keahlian membaca dan menulis.
Keahlian bicara, menulis, dan membaca bagi masyarakat modern merupakan prasyarat bagi tiap individu untuk ikut berpartisipasi penuh dalam masyarakat.
Dalam melakukan kontrol sosial,
2. Bahasa merupakan saluran yang utama di mana kepercayaan dan sikap masyarakat diberikan kepada anak-anak yang tengah tumbuh. Mereka inilah yang menjadi penerus kebudayaan kepada generasi berikutnya.
Dalam melakukan kontrol sosial,
3. Bahasa melukiskan dan menjelaskan peranan yang dilakukan oleh si anak untuk mengidentifikasikan dirinya supaya dapat mengambil tindakan-tindakan yang diperlukan.
Dalam melakukan kontrol sosial,
4. Bahasa menanamkan rasa keterlibatan (atau sense of belonging atau espirt de corps) pada si anak tentang masyarakat bahasanya.
TUJUAN KEMAHIRAN BERBAHASA-1
Latihan kemahiran berbahasa pertama tama bermaksud untuk menggelar/mengembangkan potensi-potensi pribadi. Dengan latihan intensif, kita akan memperoleh keahlian:
  • menggunakan daya pikir secara efektif;
  • menguasai struktur bahasa dan kosakata secara meyakinkan;
  • menggunakan gerak-gerik, isyarat, dan air muka sesuai dengan suasana dan isi pembicaraan

TUJUAN KEMAHIRAN BERBAHASA-2
Latihan-latihan ini perlahan-lahan akan memungkinkan kita melahirkan: ide, pengetahuan, perasaan, dan lain-lainnya dalam bentuk bahasa yang baik dan lancar, dengan cara yang teratur dan logis.
TUJUAN KEMAHIRAN BERBAHASA-3
Kemahiran berbahasa akan mendatangkan keuntungan bagi masyarakat:
  • bila dipergunakan sebagai alat komunikasi yang baik terhadap sesama warga masyarakat;
  • bila ia memungkinkan kita mengembangkan kemampuan untuk dapat mempengaruhi orang lain dalam mengembangkan kontrol sosial yang diinginkan.
Dengan bahasa, kita dapat mengembangkan kepribadian
dan nilai-nilai sosial kepada tingkat yang lebih tinggi dari
apa yang bisa dicapai oleh masyarakat umum.
MANFAAT TAMBAHAN KEMAHIRAN BERBAHASA:
Bila tujuan utama kemahiran berbahasa
telah dicapai, maka manfaat lain akan
muncul dengan sendirinya:
  1. Kita lebih mengenal diri kita sendiri;
  2. Kita lebih memahami orang lain;
  3. Belajar mengamati dunia sekitar dengan lebih cermat
  4. Kita bisa mengembangkan suatu proses berfikir yang jelas dan teratur.
KESIMPULAN
  • Kemahiran berbahasa bertujuan melancarkan komunikasi yang jelas dan teratur dengan semua anggota masyarakat.
  • Ia memungkinkan terpeliharanya tata sosial,adat-istiadat,kebiasaan-kebiasaan, dsb melalui pengkhususan dari fungsi komunikatif di atas.
  • Jadi,yang paling utama dari kemahiran berbahasa adalah pemakaian bahasa secara baik untuk kepentingan tiap individu dalam masyarakat, untuk kebaikan umat manusia.
  • Namun, sejarah mencatat bahwa kemahiran berbahasa pernah digunakan untuk menghancurkan umat manusia dan peradabannya.

0 komentar:

Posting Komentar

mau komentar...monggo

MY WIDGETBLOG

Banner Exhange!
Kopi kode di bawah ini untuk memasang banner/button tersebut
 

FOLLOWERS

TUKERAN LINK

MAU TUKERAN LINK MA AQ NI DIA BANNERQ : Banner Exhange!
Kopi kode di bawah ini untuk memasang banner/button tersebut KALO UDAH KONFIRMASI LEWAT SHOUMIX OK!

IT'S BLACK Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template