#under_header{ margin:10px 0; padding:1%; width:98%; }

Selasa, 03 Februari 2009

MIMPI INDONESIA DAN MIMPIKU

INDONESIA DAN AKU

Indonesia merupakan Negara kepulauan terbesar dengan 17.508 ribu pulau yang terbentang sepanjang 3.977 mil antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik dengan luas 1.904.569 km² ,tak disangka Negara yang merdeka 17 agustus 1945 ini nantinya akan dikenal sebagai Negara yang komplit. Kekayaan alam, potensi SDM (walaupun kualiatas masih belum merata), keanekaragaman budaya (suku, agama,,adat istiadat ,bahasa dan ras) menjadikan Indonesia salah satu kiblat baru bagi negara manapun di masa yang akan datang maupun kini. Masyarakat Indonesia kini yang jumlahya penduduknya kurang lebih 220 juta ini tentu mempunyai impian sendiri akan bangsa Indonesia yang ideal. Yup….mimpi Indonesia itu akan terus tumbuh dalam setiap generasi dalam perjalanan waktu. Indonesiamempunyai sejarah yang luar biasa dan inilah yang telah digariskan oleh Tuhan YME untuk dimaknai dan diperjuangkan hingga saat ini dan masa yang akan datang. Dijajah 3,5 abad dan sekarang menjadi jajahan ekonomi dunia maju menjadikan generasi-generasi sekarang harus berpikir lebih keras dari mengangkat senjata dimedan perang. Zaman yang serba tak menentu dimana pergulatan ekonomi antar Negara tak terelakkan/ tak bisa dihindari dan dengan semakin globalnya dunia dan tak disangkal peran informasi dan teknologi ikut memberikan peran di dalam perubahan tiap Negara termasuk Indonesia sekarang ini.

Semua anak Indonesia harus bersatu dan berjuang bersama dengan segala upayanya berdasarkan kemampuan masing2 untuk mewujudkan mimpi Indonesia yang ideal. Indonesia yang ideal banyak orang diwujudkan sebagai Negara yang makmur,nyaman, aman bagi rakyatnya. Mimpi ini bukan kosong maupun dongeng belaka namun harus diwjudkan bersama-sama oleh semua pihak. Pembelajaran kita tentang Indonesia yang ideal membawa kita untuk semakin maju dan dituntut benar2 mencermati maslah2 yang akan ditimbulkan ke depan terkait perwujudan Indonesia yang ideal ini. Ideal bagi rakyarnya dan rakyat dunia. Korupsi, konflik, kemiskinan ,penganguran, bencana,kelaparan, krisi global ,globalisasi dan masalah lainnya menjadi pembelajaran kita bersama untuk ke arah yang lebih baik.



Aku dengan mimpi Indonesia dan juga impianku sendiri telah setuju bahwa sikap kita harus diwujudkan dengan langkah2 nyata baik mulai yang sepele sampai yang kompleks dalam kehidupan kita. Indonesia dalam mimpiku adalah Negara yang ditakdirkan makmur dan bisa memberikan kenyamanan dan aman bagi raktyatnya serta menjadi kiblat positif bagi Negara lain nantinya. Untuk itu berikut aku canangkan dalam hidupku sebagai langkah2 untuk mewujudkan impian Indonesia dan mimpiku (semoga memberikan inspirasi pada yang lain) :


1. Hidup sederhana

Hidup sederhana mempermudah kita dalam hidup di dunia dan bias menjauhkan diri dari sikap buruk yang bias tubuh kapan saja. Ini bisa wujudkan baik dalam kehidupan sehari-hari misal tak konsumtif( beli aja yang diperlukan , jangan mudah terhasyut iklan), naik sepeda ato jalan kaki untuk bepergian ke tempat yang tak jauh, makan dan minum yang tak berlebihan,hemat, berbicara yang tak berlebihan(intinya harus jelas), gaya pacaran yang sederhana, dll.

2. Mencoba jadi entrepreneur yang sukses

Negara ini butuh lebih banyak pengusaha untuk membantu mangatasi problem di masyarakat maupun di tingkat nasional terkat ekonomi. Banyak penganguran,kemiskinan, kelaparan, dll menjadi pr yang terus dikerjakan pemerintah kita . dengan menjadi pengusaha setidaknya kita tak bergantung orang ain untuk memperoleh pekerjaan dan kita bisa mandiri untuk lebih maju.
Pengusaha terbukti bisa memberikan peran yang lebih banyak untuk apa yang bias dilakukan bagi Indonesia,percayalah!

3. Mencintai budaya Indonesia

Baik itu kesenian (musik,tari,pakaian ada,bahasa, adapt istiadat,dll) yang terwujud dalam kehidupan sehari-hari misal menyukai musik Indonesia , mempelajari salah satu bahasa daerah lain dan bahasa Indonesia tentunya, mempelajari salah satu kesenian daerah,dll. Ini juga bertujua melestarikan dan mengemabangkan budaya Indonesia.

4. Cinta produk Indonesia

Usahakan memakai produk Indonesia, banggalah akan produk Indonesia (tentunya yang berkualitas dan bukan yang melanggar hak cipat),jadikan produk Indonesia menjadi pilihan nomor satu.

5. Menjadikan diri kita insan yang terbaik bagi kita,bangsa, dan semuanya.

Dengan bersikap jujur,adil,toleran,cerdas,kuat,bersemangat,bervisi,dll menjadikan diri kita bagian Negara yang siap mengahadapi apapun dalam memajukan bangsa. Dan ini menjadikan kita sebagai “produk” yang baik untuk dijadikan teladan generasi Indonesia di masa yang akan datang setidaknya menjadi contoh yang baik untuk anak2/keturunan kita nantinya.

6. Bertindak nyata dalam masyarakat

Masyarakat di sini bukan sekedar sebagai masyarakat Indonesia tetapi masyarakat dunia juga. Apa yang bisa kita berikan baik menyumbang ide,tenaga,kekayaan,dll untuk ke arah terbaik. Bisa juga kita wujudkan dalam kehidupan sehari2 misal ikut mendukung kegiatan social di kampong, peduli terakit bencana alam,perang,dan isu global warming. Tentu ini sebisa kita ,jangan sampai memberikan efek buruk atas tindakan baik kita sendiri baik dampaknya ke diri kita atau diluar kita. Kadang juga ornag butuh ide untuk mengatasi masalah bukan bantuan secara fisik. Untuk itu mari kita bersuara, kadang banyak orang tapi tak banyak ide karena mereka tak bersuara dan tak kreatif. Berpikir kreatif untuk melahirkan ide kreatif pula. Bantulah yang meminta bantuan dan jadilah orang yang sedikit meminta bantuan pada orang lain....Di sini penulis ingin mengajak pembaca untuk bisa menggali ide kreatif seperti yang ditunjukkan oleh teman2 kita di Blackinnovationawards yang mana event ini diselenggarakan oleh Djarum Black terkait penyaluran ide kreatif kita pada sebuah desain alat yang kita buat (untuk lebih jelasnya kunjungi aja websitenya dan coba untuk ikutan event seru ini)

7. Memperluas wawasan dan banyak bergaul (manfaatkan internet)

8. Mencintai kekayaan Indonesia dan bangga jadi anak Indonesia

Orang yang cinta pasti melindungi dan memanfaatkan secara benar2 kekayaan Indonesia. Kalo bukan kita (bangsa Indonesia) siapa lagi!

9. Mengabdi pada Negara dan menjadi insane yang bisa berguna bagi Negara

Misal: jangan golput dalam pemilu, ikut menjadi warga Negara yang taat hukum,tertib, dll.

10. Ikut berdoa untuk keselamatan Negara dan seluruh umat manusia

Ini akan memberikan dorongan kuat untuk mewujudkan impian Indonesia ideal.

OK ….mungkin itu sedikit inspirasi dan tekad dari saya ,semoga yang lain ikut meberika masukan yang terbaik lainnya dan mari kita capai bersama Indonesia yang ideal di bawah bendera Merah Putih.Ingat tiap orang punya tanggung jawabmasing2 di dunia ini untuk ikut memberikan perubahan ke arah yang lebih baik. THANKS


0 komentar:

Posting Komentar

mau komentar...monggo

MY WIDGETBLOG

Banner Exhange!
Kopi kode di bawah ini untuk memasang banner/button tersebut
 

FOLLOWERS

TUKERAN LINK

MAU TUKERAN LINK MA AQ NI DIA BANNERQ : Banner Exhange!
Kopi kode di bawah ini untuk memasang banner/button tersebut KALO UDAH KONFIRMASI LEWAT SHOUMIX OK!

IT'S BLACK Copyright © 2009 WoodMag is Designed by Ipietoon for Free Blogger Template